Saturday, November 12, 2005

Mr & Mrs Smith :: review



Mr & Mr Smith (2005)
Cast: Brad Pitt, Angelina Jolie
Director: Doug Liman

Overview:
John dan Jane Smith adalah pasangan yang tampaknya serasi. Mereka tinggal di sebuah pemukiman elit yang tenang. Seperti keluarga lain, mereka tak pernah absen diner bersama, kissed farewells serta ngomongin warna tirai yang cocok untuk rumah mereka. Seems like a happy family.. Tapi dibalik itu, ternyata keduanya adalah pembunuh bayaran paling disegani di dunia persilatan (ceile..). Keduanya bekerja pada perusahaan yang beda bahkan perusahaan mereka selalu bersaing satu sama lain. Uniknya, masing-masing dari mereka tidak tahu menahu pekerjaan yang sebenarnya dari pasangan tidurnya. Hingga sebuah assignment mempertemukan keduanya dan mengharuskan mereka memilih: Saling bunuh atau menyelamatkan perkawinan mereka?

Review:
Film tentang pembunuh bayaran ternyata memiliki tempat sendiri di hati penonton. Terbukti dengan bermunculannya film dengan tema seperti ini beberapa tahun belakangan. Dari yang hebat (Leon) yang cukup bagus (Nikita, Grosse Point Blank dan Collateral) serta yang ancur abis (Assassins-nya Stallone). Kini, hollywood menawarkan Mr & Mrs Smith. Sebuah kisah keluarga pembunuh bayaran yang sama sekali beda dengan deretan film dari genre tersebut.
Yang membedakannya, balutan action (yang selalu mengiringi film bertema seperti ini) seakan lebur dengan bagusnya jalinan drama romantis serta selentingan komedi segar yang dibangun kedua pemeran utamanya.
Pujian patut disematkan pada Pitt dan Jolie. Meski bisa dibilang Pitt menurunkan standarnya dengan bermain di genre action daripada main serius (Fight Club, Twelve Monkeys, Se7en anyone?), hal ini tidak jadi masalah. Dia masih merupakan aktor yang paling bisa membawa dirinya di berbagai peran. Begitu juga Jolie. Saya tidak yakin Nicole Kidman (yang sebelumnya adalah pilihan utama karakter Jane Smith) bisa melakukan peran ini lebih baik. Perpaduan kecantikan dan keperkasaan sudah pernah dia tunjukkan lewat Tomb Raider. Which works!! At least for me... Di luar gosip yang beredar ketika syuting (Mereka pacaran nggak sih?), keduanya bermain sangat lepas dan ‘nyambung’. Suasana kikuk akibat saling merahasiakan identitas masing-masing, tergambar dengan lugas. Sebuah sindiran halus terhadap institusi pernikahan di masa sekarang yang sudah terkikis ‘kesakralannya’. Penuh kebohongan dan kepura-puraan.
Jangan lupakan juga Vince Vaughn. Meski perannya minim, still.. he’s one of my favourite actor.
Di bangku sutradara, saya tak meragukan kredibilitas Doug Liman. Sineas yang menelurkan Bourne Identity, Go dan Swingers ini kembali menghadirkan alur yang sangat ‘dinamis’ dengan beberapa kali adegan maju mundur. Hal ini sebenarnya berpotensi menaik-turunkan tensi penonton. Begitu juga dramalurgi antara kedua karakter yang bisa menghilangkan mood penggemar film action. But thankfully, Mr Smith dikemas dengan balutan komedi yang fresh hampir di setiap scene-scene di atas. Membuat perasaan FUN sepanjang durasi bergulir.
Bukan sesuatu yang menggelegar, baru dan wah!! namun untuk adegan aksi, Liman masih menyuguhkan sederet eye candy action scenes yang menarik. Mulai dari kejar-kejaran mobil, adu tembak, bahkan hand to hand fight antara Pitt dan Jolie dikemas dengan apik olehnya. Damn.. loved that fight!

Overall:
Mr & Mrs Smith adalah film yang menyegarkan… untuk genrenya. Perpaduan komedi, drama dan actionnya merupakan hal baru dan berhasil dikemas apik (Pernahkah Anda membayangkan Brad Pitt menyanyikan “Making Love Out of nothing at all”-nya Air Supply?). Jangan terlalu pusing dengan scriptnya yang buruk, bagi Anda fans Brad Pitt dan Angelina Jolie dijamin akan terpuaskan melototi mereka. Wajah mereka berdua bergantian menguasai almost entire of the film. One minor thing: Doug Liman sepertinya bingung menghadirkan ending yang memuaskan banyak pihak termasuk saya. Jadinya menggantung.. Too bad! Tapi yang jelas untuk urusan adegan action, Liman masih masternya. Cheers…

Rating 7 out of 10

- joe -

1 Comments:

At 10:07 PM, Blogger Unknown said...

halo bpk joe the ant!
salam kenal.

saya lihat blog ini dari punya dian ara...
seneng juga baca2 review movie macam gini..

mau tanya sedikit.
sudah nonton belahan jiwa?
any comment?

aku sendiri blom nonton
tapi bingung,males kalo buang2 duit

yang bikin bingung:
karena yang main dian sastro, yang tahu sndiri dong suka banget pilih-pilih film...tapi yang bikin drop, lha kok yang bikin MPV,gank-nya soraya, yang tahu sndiri slalu membikin film2 nggak menyenangkan

notabene: sbenernya,pengen naruh tulisan ini di tagboard,cuma waktu aku buka lagi eror.selain itu, tulisan spanjang ini kyknya g bakal cukup

salam!
aziz

oh ya, it'll be great kalo mau berkunjung ke blog-ku! masih blajaran sih :)

 

Post a Comment

<< Home